iafc

Apa itu Fraud? Cek di Sini Yuk

IAFC.OR.ID – Fraud adalah suatu tindak kecurangan yang dilakukan secara sengaja oleh satu individu atau lebih. Tindakan fraud atau kecurangan ini bisa saja terjadi dalam suatu majaemen. Tindakan ini juga bisa saja terjadi karena dilakukan oleh pihak yang bertanggung jawab atas pengelolaan dari suatu perusahaan. Bisa saja hal ini dilakukannya secara langsung tetapi juga bisa melalui pihak ketiga.

Dalam tindakan fraud terjadi suatu tipu muslihat yang berguna untuk memperoleh satu keuntungan secara tidak adil. Tentu saja perbuatan fraud ini melanggar hukum karena terdapat unsur kecurangan di dalamnya. Fraud jelaslah merupakan suatu perbuatan atau tindakan yang melanggar hukum.

Fraud adalah juga cenderung menjadi suatu perbuatan yang berkaitan dengan penipuan kriminal dan bermaksud untuk memberikan manfaat dan keuntungan berupa keuangan pada pihak yang melakukan penipuan dan kecurangan. Dalam suatu fraud terjadi penyimpagan atau suatu kesalahan dan ketidakberesan terutama dalam hal finansial.

Seseorang atau beberapa orang memang memiliki kecenderungan untuk melakukan fraud dengan lebih mudah jika orang yang melakukannya berasal dari dalam organisasi. Tentu saja hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau bagi kelompoknya sendiri sehingga tindakan ini akan merugikan pihak lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan kata lain suatu perbuatan atau tindakan fraud memiliki ciri adanya penipuan dan penyembunyian akan sesuatu serta pelanggaran terhadap suatu kepercayaan.

Share post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.