Kenali Penyebab Terjadinya Fraud

IAFC.OR.ID – Fraud adalah tindakan yang merugikan perusahaan. Nah, perlu diketahui apa saja faktor yang menyebabkan fraud? Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan terjadinya fraud di suatu lembaga atau instansi perusahaan.

Yang terutama adalah karena adanya kesempatan sehingga bisa terjadi kejahatan termasuk kejahatan berupa fraud. Kesempatan untuk berbuat curang memang bisa terjadi kapan saja. Oleh karena itu seringkali dijumpai adanya fraud yang dilakukan oleh seseorang dengan jabatan dan kedudukannya yang tinggi.

Fraud juga bisa saja terjadi karena lemahnya penegakan hukum sehingga orang mulai meremehkan adanya sanksi hukum. Hukum yang lemah membuat seseorang bisa menyalahgunakan jabatannya untuk melakukan tindakan curang yang bersifat kriminal. Fraud juga terjadi karena adanya sifat dasar individu yang buruk seperti misalnya tamak dan lain sebagainya.

Sifat tamak memang bisa saja membuat seorang karyawan melakukan tindakan fraud saat ada celah. Tindakan yang buruk membuat seseorang mencari-cari kesempatan atau peluang untuk melakukan suatu tindak kriminal dan perilaku menyimpang sepertimisalnya tindakan fraud. Demikian pula adanya kebutuhan manusia yang sangat mendesakjuga bisa saja menyebabkan seseorang melakukan tindakan fraud.

Tekanan yang menghimpit membuat seseorang menjadi bertindak hanya demi kepentingannya sendiri walaupun nantinya dapat merugikan orang lain.

Share post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.