iafc

Mengenal Jenis-jenis Fraud

IAFC.OR.ID – Pada dasarnya tindakan fraud dibedakan ke dalam beberapa jenis tertentu. Jenis fraud yang pertama adalah penyimpangan atas aset yang meliputi seluruh tindakan berkaitan dengan pencurian atau penyalahgunaan aset dan harta perusahaan. Penyimpangan atas aset ini merupakan jenis atau bentuk fraud yang paling umum terjadi. Penyimpangan atas aset ini paling mudah untuk dideteksi karena aset dapat dihitung atau diukur.

Jenis fraud yang kedua adalah pernyataan palsu atau bisa juga salah pernyataan. Hal ini meliputi berbagai tindakan yang umumnya dilakukan oleh para pejabat atau para eksekutif di suatu perusahaan. Umumnya tindakan ini dilakukan dengan tujuan untuk menutupi kondisi keuangan yang sesungguhnya. Dalam hal ini pelaporan keuangan biasanya dilakukan dengan penuh rekayasa demi keuntungan baik bagi perusahaan maupun bagi pelaku fraud.

Tindakan fraud selanjutnya adalah korupsi dan suap yang paling sulit untuk dideteksi. Tindakan suap dan korupsi rupanya banyak terjadi dan sering dijumpai di mana saja. Hal ini mungkin saja terjadi karena lemahnya penegakan hukum. Fraud juga bisa saja terjadi dalam bentuk pencurian data. Telebih lagi jika perusahaan bergerak di bidang keuangan atau leasing maka akan sering terjadi pencurian data nasabah.

Hal ini sebenarnya merupakan suatu hal yang menyimpang dan dapat merugikan karyawan lainnya. Ada pula fraud dalam bentuk penggelapan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperkaya diri sendiri. Kasuspenggelapan pada suatu perusahaan bisa terjadi di divisi mana saja sehingga hal ini sangat perlu untuk diwaspadai.

Share post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.